Minggu, 03 Maret 2013

Obat batuk tradisional

obat batuk tradisional
Obat batuk tradisional � Batuk merupakan bukanlah suatu penyakit melainkan terjadinya mekanisme pertahan tubuh disaluran pernafasan, dan batuk merupakan gelaja serangan penyakit, atau reaksi tubuh terhadap iritasi didalam tenggorokan, yang disebabkan oleh debu, makanan, asap dan lain sebagainya.
Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronik, yaitu suatu jenis batuk yang sering menyerang siapa saja, batuk akut adalah batuk yang terjadi kurang dari 14 hari, sedangkan batuk kronis batuk yang menyerang lebih dari itu dan kadang sampai berbulan-bulan, tentunya dengan terjadinya batuk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit lain yang timbul, selain itu juga batuk yang sedang diderita akan mengganggu aktivitas yang sedang kita jalan. Untuk itu batuk harus segera diatasi.
Untuk mengatasi sakit batuk, sebenarnya banyak alternatif yang dapat kita ambil untuk mengatasinya, misalnya dengan cara mengkonsumsi obat-obatan biotik yang tersedia diapotik-apotik, atau juga dengan cara mengunjungi Dokter langganan anda untuk mengobati batuk yang sedang anda derita. Namun tentunya harus anda ingat, bahwa obat-obatan biotik tentu dapat menyembuhkan sakit batuk yang sedang anda derita menjadi sembuh atau cepat sembuh, namun ada beberapa hal yang perlu anda ingat jenis-jenis obat-obatan biotik mengandung efek samping, saat kita mengkonsumsinya, baik itu untuk jangka panjang maupun untuk waktu jangka pendek, mulai dari gangguan hati, ginjal dan lain sebagainya. Sedangkan untuk efek samping jangka pendek anda akan mengalami mengantuk saat mengkonsumsinya.
Untuk disini kami akan mencoba membahas tentang obat batuk tradisional, yaitu jenis obat batuk yang kita olah sendiri, dan bahan-bahan yang dibutuhkan dari alam sekitar anda, dan tentunya cara ini lebih aman, karena tidak ada campuran zat kimia berbahaya, namun demikian biasanya obat alami atau obat tradisional tersebut dalam proses penyembuhannya relatif lebih lama ketimbang obat-obatan biotik. Jenis-jenis tumbuhan-tumbuhan sebagai bahan dasar untuk mengobati batuk dan cara mengolahnya adalah sebagai berikut :
  1. Ambil satu ruas tebu hitam yang sudah cukup tua, kemudian kita masukkan tebu tersebut kedalam abu hangat atau panas sekitar 10-15 menit, (ingat kulit tebu jangan dilepas dan jangan sampai hangus) setelah masak. Ambil tebu tersebut kemudian anda kupas dan makan tebu tersebut seperti anda makan tebu pada umumnya. Lakukan berulang-ulang. Insya Allah batuk anda akan segera sembuh.
  2. Siapkan bahan-bahan ramuan berikut ini :
    • Daun waru muda 5 gram
    • Belimbing wuluh 10 gram
    • Garam dapur 1 gram
    Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Semua bahan kita dijadikan satu dan kita hancurkan sampai lumat, beri dua gelas air panas (diseduh), kemudian saring ambil airnya. Selanjutnya minum air ramuan tersebut 3 kali sehari. ( pagi, siang dan malam)
  3. Siapkan bahan-bahan berikut :
    • Jeruk nipis masak 1 buah
    • Buah mengkudu 1 buah (yang hampir masak)
    • Kapur sirih 3 gram
    Cara mengkonsumsi dan mengolahnya : Buah mengkudu, kita kupas, lalu ditumbuk dan ambil airnya, Jeruk nipis, kita belah menjadi dua kemudian peras ambil airnya. Selanjutnya air perasan jeruk nipis, buah mengkudu dan kapur sirih dimasukkan kedalam wadah yang berisi air panas dua gelas, aduk-aduk supaya tercampur rata, selanjutnya disaring ambil airnya. Sedangkan untuk mengkonsumsinya minum air ramuan tersebut 3 kali sehari (pagi,siang dan malam)
  4. Ambil setangkai daun lidah buaya,lalu kita ambil lendirnya. Campur dengan madu murni. Minum tiga kali sehari sebanyak 1 sendok makan untuk orang dewasa dan 1 sendok teh untuk anak-anak.
  5. Ambil jeruk nipis yang sudah cukup tua, kemudian kita peras ambil airnya, beri sedikit minyak kayu putih dan kapur sirih. Kemudian gosokkan ramuan tersebut pada bagian punggung, dada dan leher penderita batuk.
Inilah dia beberapa alternatif yang dapat kita ambil untuk mengobati batuk yang sedang anda derita, obat batuk tradisional ini tentunya akan lebih aman, karena dalam proses pengolah dan bahan-bahan yang dibutuhkan semuanya bahan alami, yang sering anda jumpai disekitar anda semua. Semoga bermanfaat dan anda cepat sembuh, sebagai sedikit tambahan untuk anda yang muslim sebaiknya bacalah dahulu basmallah sebelum anda mengkonsumsi ramuan tersebut diatas. Supaya khasiatnya semakin bertambah dan keimanan kita pun meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar

Manfaat dan Khasiat Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger