Sabtu, 02 Maret 2013

Khasiat tanaman patah tulang

khasiat tanaman patah tulang
Khasiat tanaman patah tulang - Patah tulang (Euphorbia tirucalli) adalah salah satu jenis tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman patah tulang yang dapat kita manfaatkan sebagai pengobatan adalah, akar, batang kayu, ranting dan getahnya. Khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan cukup banyak, misalnya akar dan ranting dapat untuk menyembuhkan sakit lambung, rematik, tulang sakit, sifilis, wasir, tukak rongga hidung dan nyeri syaraf. Sedangkan batang kayunya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, kusta (morbus hansen), kaki dan tangan baal.
Cara pemakaian patah tulang sebagai obat tradisional tentu harus mengikuti beberapa proses seperti juga tanaman herbal yang lain contohnya daun sirsak yang juga harus diolah terlebih dahulu agar dapat menyembuhkan penyakit.
Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa cara pemakaian tanaman patah tulang untuk mengobati penyakit :
  1. Kulit tertusuk duri atau pecahan kaca. Bagian tubuh atau kulit yang tertusuk duri atau kaca kita olesi dengan getah patah tulang, getah patah tulang dapat mengeluarkan duri atau kaca dengan sendirinya. 
  2. Kapalan (clavus) dan kutil. Ambil 1/2 kg dahan dan ranting patah tulang. Setelah dicuci bersih rebus dengan 4 liter air sampai airnya berkurang menjadi 2 liter. Bagian tubuh atau kulit yang mengalami kutil atau kapalan direndam dalam air rebusan patah tulang tadi dalam keadaan hangat selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah dikeringkan oleskan param yang terbuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur putih telur, lalu dibalut. 
  3. Patah tulang (fraktur) untuk anda yang mengalami patah tulang (fraktur) dapat menggunakan beberapa cara, yaitu :
    • Kulit diatas tulang yang patah digosong dengan getah patah tulang. 
    • Kulit luar dahan patah tulang digiling halus, tempelkan diatas tulang yang patah, kemudian dibalut. 
    • 3/4 genggam tangkai dan daun patah tulang, 1 genggam daun srigi, dicuci lalu digiling halus. Remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu. Diganti 2 x sehari
  4. Untuk penyakit frambusi : siapkan 1/2 genggam patah tulang, 1/2 kepalan tangan gadung cina, dicuci lalu kita tumbuk sampai halus. Aduk dengan 1 sendok getah buah kendondong dan dua sendok makan getah buah pepaya muda. Ramuan ini kita gunakan untuk melumas atau menurap kulit yang sakit. Lakukan dua kali sehari. 
  5. Untuk obat tahi lalat yang besar dan gatal. Tahi lalat kita gosok dengan air jeruk nipis, lalu dengan kapas tahi lalat dilumasi dengan getah patah tulang. Lakukan terapi ini benerapa kali sehari, bila sudah kering diulang. Hati-hati jangan sampai terkena mata. 
  6. Sakit gigi. Ambil Beberapa tetes getah patah tulang dengan kapas yang bersih, kemudian kita lumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan terapi ino 1-2 kali sehari, hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat. 
Catatan : Getah patah tulang berbahaya bagi mata, dapat menyebabkan buta. Bila getah patah tulang masuk kemata cepat bilas dengan air kelapa atau santan.
Inilah beberapa khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan, jenis tanaman sederhana yang dapat kita manfaaatkan untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat dan anda cepat sembuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

Manfaat dan Khasiat Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger