Senin, 28 Januari 2013

Manfaat, Fungsi dan Kegunaan Cabe Bagi Kesehatan



Makanan yang memiliki rasa pedas memiliki sensasi tersendiri di lidah. Dengan cabe atau cabai, makanan bisa terasa pedas. Olahan cabe seperti saus banyak digunakan sebagai pelengkap bakso. Sambal terasi juga bisa menjadi pelengkap makan. Dengan sambal, makanan bisa lebih sedap meski pedas. Cabe juga merupakan bumbu utama dalam membuat rujak. Makanan yang dimakan dengan cabe, sekalipun itu buah, bisa menjadi lebih nikmat.

Meski makanan pedas terasa nikmat, memakan banyak makanan pedas bisa mengakibatkan sakit perut. Memang cabe bisa mengakibatkan sakit perut, namun cabe juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat cabe bagi tubuh dan kesehatan

1. Mengandung vitamin C
Cabe memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan sariawan, tapi pikir-pikir dulu kalau ingin mengobati sariawan dengan memakan cabe. Vitamin C merupakan vitamin yang bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu melindungi tubuh dari kanker. Jadi, cabe bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C selain dengan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk.

2. Mengandung beta-karoten
Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Dengan kata lain, beta-karoten adalah pro vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Namun, jangan coba-coba mengoleskan cabe pada mata.

3. Mengandung capsaicin
Capsaicin yang ada pada cabai dapat bermanfaat untuk mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat mempermudah lendir keluar dari saluran pernapasan. Selain itu, capcaisin bersifat antikoagulan yang dapat melakukan pencegahan terhadap terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Hal ini dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung koroner, impotensi danstroke.

4. Mengatasi sembelit
Memakan cabe bisa menyebabkan diare. Diare berarti feses (tinja) yang dihasilkan encer. Bagi penderita sembelit, memakan cabe bisa mengatasi susah buang air besar. Memakan cabe dapat memperlancar pencernaan, namun kalau kebanyakan bisa menyebabkan diare.

5. Membuat tubuh berkeringat
Memakan cabe dapat membuat keringat keluar dari tubuh. Memakan cabe bisa meningkatkan produksi keringat sehingga tubuh bisa lebih segar.


Itulah manfaat cabe bagi tubuh. Meski dapat menambah selera makan, terlalu banyak memakan cabe bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

0 komentar:

Poskan Komentar

Manfaat dan Khasiat Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger