Selasa, 13 November 2012

Khasiat buah nenas

Buah Nenas (Ananas comusus) adalah salah satu jenis buah-buahan yang biasanya dikonsumsi secara langsung, ataupun diolah terlebih dahulu, nenas memiliki bentuk bulat panjang dan berduri seperti sisik ikan pada bagian kulitnya. Nenas merupakan salah satu jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Negara Brazil, Paraguay dan Bolivi.
Nenas adalah termasuk jenis tanaman berumur pendek, bentuk daunnya memanjang dengan ujungnya lancip dan tajam, untuk jenis daun nenas terbagi menjadi dua jenis jenis berduri dan tidak berduri, daun nenas tersusun dengan rapi mengelilingi buahnya, saat masih mentah buah nenas berwarna hijau (namun ada juga sebagian nenas yang berwarna merah atau hijau saat masih mentah) dan akan menjadi berwarna kuning saat sudah masak, dan rasanya manis dan masam.
khasiat buah nenas
Buah Nenas
Khasiat buah nenas mampu mengeluarkan asam didalam lambung yang berlebihan, bersifat dingin, mampu membantu mencerna makanan dilambung, anti radang, pelancar kencing, membersihkan jaringan kulit yang mati, merusak pertumbuhan sel penyebab kangker, dan menghambat penumpukan trombosit. Rasa masam yang terkandung didalam nenas mampu memacu enzim pencernaan, diuretik, pelancar haid, antelmintik, pelancar dahak, dan aborvitum.
Secara kimia buah nenas banyak mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, kalium, natrium, sukrosa, dekstrosa dan juga enzim bromelain. Zat bromelain yang terkandung didalam nenas inilah yang membuat khasiat buah nenas semakin banyak karena zat tersebut mampu melancarkan proses makanan dilambung, merusak pertumbuhan sel penyebab kangker, menghambat pertumbuhan agregrasi platelet dan bromelain juga mempunyai aktivitas fibriolitik.
Selain dari itu semua buah nenas juga banyak mengandung serat hingga dapat memperlancar buang air besar, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita sembelit (konstipasi). Sedangkan untuk daun nenas secara kimianya mengandung calsium oxalat dan peptic substances.
Inilah beberapa khasiat buah nenas yang bagus untuk kesehatan, jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsi buah nenas, namun demikian bila kita mengkonsi nenas segar akan sedikit menimbulkan efeksamping seperti mulut akan menjadi gatas, (lider bahasa jawa) dan nenas sangat tidak cocok untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil, karena beberapa sumber mengataskan bahwa buah nenas dapat menyebabkan keguguran, dan tidak bagus untuk perkembangan janin.

0 komentar:

Posting Komentar

Manfaat dan Khasiat Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger