Rabu, 17 Oktober 2012

Manfaat Bunga Mawar Untuk Obat

Sebelum kita membahas manfaat bunga mawar ada baiknya kita lebih tahu dahulu apa sih bunga mawar itu'?? Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.
Bunga Mawar
Harum, indah, memiliki variasi warna yang banyak serta menarik, yaitu sebagian keunggulan yang dimiliki bunga mawar. oleh karena itu bunga ini kerap digunakan banyak pria untuk mengungkap perasaan cintanya pada seorang wanita. bunga mawar juga biasa dipakai untuk mewujudkan penghargaan / pujian/apresiasi pada seseorang. tak hanya itu, bunga mawar juga dapat dipakai untuk menciptakan situasi persahabatan serta pengaharapan yang baik.

Tahukah anda bahwa bunga mawar sebagai komoditas hortikultural dibudidayakan tidak cuma digunakan orang sebagai pemberian untuk mengungkap perasaan cinta, pujian, pegharapan baik saja. tetapi bunga ini nyatanya memiliki banyak manfaat. apa saja manfaat bunga mawar ?

Manfaat bunga mawar secara umum : 
  1. Bunga mawar sebagai tanaman penghias kebun dan taman.
  2. Bunga mawar sebagai penghias ruangan dan teras rumah, biasanya yang mempunyai ukuran pohon tidak terlalu tinggi dan bisa ditanam dalam pot.
  3. Bunga mawar sebagai bunga potong. Untuk kegunaan ini biasanya dicari jenis mawar yang mempunyai tangkai panjang, tidak mudah patah, baunya wangi, dan mempunyai bentuk yang indah
  4. Bunga mawar sebagai bahan baku parfum. 
  5. Bunga mawar sebagai bahan pembuatan obat
  6. Bunga mawar juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan/minnuman olahan. Karena bunga ini mempunyai kandungan Vitamin C yang cukup tinggi
Manfaat bunga mawar sebagai obat alami :
  1. Obat batuk kering, langkahnya yaitu ambillah 10 gram mawar kering, bersihkan dengan bersih. campur 30 gram gula batu lantas tim ke-2 bahan sampai 1/2 masak atau hingga keluar airnya. di saring lantas minum pada saat hangat. 
  2. Untuk menangani bengkak pada kaki disebabkan sirkulasi darah tidak lancar, langkahnya yaitu ambillah 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. bersihkan bersih ke-2 bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml sampai tinggal separuhnya. minum 2 kali 1 hari setelah makan 
  3. Menangani haid tidak teratur, langkahnya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. bersihkan bersih seluruh bahan, rebus dengan 600cc air sampai tinggal 200 cc. saring. minum 2 kali 1 hari setelah makan. 
  4. Tangani nyeri haid, langkahnya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram daun dewa. bersihkan bersih ke-2 bahan, rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. saring. minum 2 kali 1 hari.
Sekain artikel tentang manfaat bunga mawar mungkin masih banyak lagi manfaat dari bunga ini nanti akan saya lanjut di artikel berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar

Manfaat dan Khasiat Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger